Wartawan Rangkap LSM

*Mahmud Marhaba

Jumat, 08 September 2023 | Opini
Wartawan Rangkap LSM
Mahmud Marhaba.

DALAM menjalankan perannya sebagai penjaga kebenaran dan pengawas pemerintah, wartawan memiliki tugas yang sangat penting dalam masyarakat.

Wartawan adalah mata dan telinga masyarakat, mereka bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang objektif dan akurat kepada masyarakat.

Oleh karena itu, independensi wartawan adalah salah satu aspek kunci dalam menjaga integritas jurnalisme.

Dalam konteks ini, Pro Jurnalismedia Siber (PJS) memiliki kebijakan yang tegas, yaitu melarang wartawan yang tergabung dalam PJS merangkap jabatan dalam LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).

Integritas adalah salah satu nilai paling fundamental dalam jurnalisme. Disamping itu integritas merupakan salah satu elemen penting dalam visi PJS guna mewujudkan wartawan kompeten dan profesional.

Wartawan harus dapat menjalankan tugas mereka tanpa adanya pengaruh eksternal yang dapat memengaruhi objektivitas mereka dalam menyampaikan berita. Dalam hal ini, independensi adalah modal utama.

Wartawan harus bebas dari tekanan dan pengaruh eksternal yang dapat memengaruhi pandangan mereka dalam melaporkan berita.

Peran wartawan dalam masyarakat adalah memberikan informasi yang netral dan akurat. Mereka bertindak sebagai pengawas yang memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

Untuk menjalankan peran ini dengan baik, wartawan harus menjaga independensinya dan tidak terlibat dalam konflik kepentingan yang dapat mengaburkan pandangan mereka.

Konflik Kepentingan

Rangkap jabat, atau wartawan yang juga aktif dalam LSM, dapat menciptakan potensi konflik kepentingan yang serius.

Halaman:

*Ketua DPP Pro Jurnalismedia Siber

IKLAN PANTARLIH
Bagikan:
Dosen FISIP Unand.

UKT Mahal, Tak Usah Kuliah

Opini - 20 Mei 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra

Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim

Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed