Articulate Storyline, Sebagai Aplikasi Pembuatan Bahan Ajar Elektronik

*Nyswatul Khair SPd

Senin, 29 Maret 2021 | Opini
Articulate Storyline, Sebagai Aplikasi Pembuatan Bahan Ajar Elektronik
Nyswatul Khair SPd - Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Fisika UNP

E-book merupakan bahan ajar dalam bentuk digital. E-book memuat tulisan, gambar, audio, video dan animasi. E-book memiliki kelebihan yaitu mudah dibawa, dapat diakses kapan saja dan dimana saja, mudah didistribusikan dan mendukung penghijauan karena tidak butuh kertas.

Ebook memang sudah digunakan sejak dulu, namun e-book yang beredar masih belum sempurna. Sebagian besar e-book yang tersedia belum memasukan multimedia (audio, video dan animasi didalamnya). Pengembangan e-book dengan articulate stroyline ini bisa memodifikasi e-book yang sudah ada menjadi lebih baru lagi. Misalnya memasukan audio video dan animasi kedalam e-book, tidak hanya itu e-book yang sudah dibuat dengan articulate ini dapat diakses secara online maupun offline.

Kelebihan inilah yang melahirkan inovasi baru yang bisa digunakan untuk saat ini baik itu secara daring ataupun disituasi serupa dimasa yang akan datang. Bagi yang belum mengetahui cara membuat e-book dengan aplikasi ini tidak perlu khawatir. Karena tutorial penggunaan aplikasi articulate storyline sudah banyak tersedia di youtube dan sudah ada yang membuat modul panduan untuk penggunaan aplikasi ini.

Harapan saya sebagai mahasiswa pendidikan, bahan ajar yang akan dikembangkan kedepannya semakin berkualitas dan inovasi yang dilakukan bisa lebih banyak lagi ditengah banyaknya kesempatan untuk mencari jalan menuju pembelajaran yang lebih baik. (*)

Halaman:
1 2

*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Fisika UNP

Bagikan:
Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar