Gubernur Sumbar Usulkan 100 Rumah Warga Kampung Langgai Pessel Direlokasi

Selasa, 12 Maret 2024, 16:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Gubernur Sumbar Usulkan 100 Rumah Warga Kampung Langgai Pessel Direlokasi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Letjen Suharyanto (kepala BNPB), Hansastri (Sekda) dan Lisda Hendrajoni (anggota DPR RI) saat rapat koordinasi di auditorium gubernuran Sumbar, Senin. (humas)

"Untuk fasilitas umum seperti ruas jalan dan saat ini sudah dapat digunakan kembali. Terutama akses jalan Padang-Bengkulu, sejak kemarin sudah bisa dilewati," ujarnya.

Dikesempatan itu, BNPB menyerahkan bantuan terhadap lima kabupaten kota yang sudah menetapkan status tanggap darurat.

Adapun rincian dari daerah yang sudah menetapkan status tanggap darurat yakni, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat (Pasbar) dan Padang Pariaman.

Baca juga: Musfi Yendra Terbitkan Buku Kelima, Nurani Filantropis, Akan Diluncurkan Gubernur Sumbar

Letjen Suharyanto menegaskan, terhadap kabupaten dan kota yang sudah menetapkan status tanggap darurat, agar segera melakukan penanggulangan dalam darurat.

"Anggarannya akan dibantu BNPB. Terutama warga yang kehilangan rumah, carikan segera lahan untuk pembangunan rumah relokasi," ungkapnya.

"Kita harus cepat, jangan lama-lama. Biasanya untuk mencari lahan relokasi agak lama."

"Sekarang, kita minta pemerintah daerah carikan segera lahan relokasi, kami akan langsung bangun. Jangan seperti di Pasaman, diserahkan pada pihak ketiga hasilnya lama," ujarnya.

Menurutnya, membangun rumah relokasi sebanyak 100 unit itu tidak akan sulit, sebab BNPB sudah berpengalaman membangun rumah relokasi sebanyak 2.000 unit.

Sementara, untuk korban jiwa, Suharyanto menyarankan pada Dinas Sosial masing-masing daerah untuk mengupayakan bantuan santunan bagi keluarga yang ditinggalkan. Karena bantuan itu ada disediakan dan legal secara hukum.

"Memang, santunan tidak akan menggantikan keluarga yang hilang," ujarnya.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: