Guru Kadukan Soal Pentingnya Perlindungan Hukum ke Supardi

Kamis, 25 Mei 2023, 23:41 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Guru Kadukan Soal Pentingnya Perlindungan Hukum ke Supardi
Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat menghadiri pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Digitalisasi bagi di Kota Payakumbuh pada 22-25 Mei 2023 di Hotel Pusako Bukittinggi. (humas)

"Jadi, kepala sekolah juga harus terus meningkatkan kemampuan, karena peran kepala sekolah sangatlah penting," tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, beberapa orang guru membeberkan sejumlah kerisauan terkait tantangan dunia pendidikan pada masa sekarang pada Supardi.

Rina, salah seorang guru di Payakumbuh mengatakan, di saat sekarang murid lebih kompeten terkait digitalisasi dibanding guru. Namun, ada yang lebih penting untuk saat ini yaitu penurunan karakter anak sebagai murid dan kurangnya kepedulian orang tua pada anak.

Baca juga: Monitoring Jelang Idul Fitri 2024 di Pessel, Raflis: Banyak Perantau Pulang Bawa Bantuan untuk Korban Banjir

Artinya orang tua membebankan proses perkembangan anak dari segala aspek ke guru, padahal peran orang tua juga penting dalam pendidikan anak.

Penurunan karakter sebagai murid di era digitalisasi mulai menurun, dulu murid selalu menghargai guru secara sikap dan yang lainya, namun sekarang tidak lagi.

"Hal itu merupakan tantangan sendiri bagi guru, jika proses pendidikan gagal guru lah orang pertama disalahkan," katanya.

Sementara itu, Jefriando, guru SMA 3 Payakumbuh mengatakan pentingnya perlindungan hukum terhadap guru pada proses belajar mengajar.

Dia mengaku pernah diancam orang tua murid akan dilaporkan pada yang berwajib, karena mendidik sedikit keras.

"Tugas guru ada dua, mendidik dan mengajar. Karena dalam tekanan tugas, kita tidak optimal. Jadi kita perlu perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas," katanya.

Sementara itu, Ayu mengatakan, pentingnya peningkatan kapasitas guru dalam penerapan kurikulum merdeka, guru harus lebih pintar dari murid dalam era digitalisasi, dimana penggunaan teknologi bukan tolak ukur utama dalam menilai kompetensi anak.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: