Pendaftaran Polri TA 2023 Berakhir Besok, Ini Persyaratan, Kuota dan Tutorial Pendaftaran Online

Minggu, 16 April 2023, 14:49 WIB | News | Nasional
Pendaftaran Polri TA 2023 Berakhir Besok, Ini Persyaratan, Kuota dan Tutorial Pendaftaran...
Infografis.

"Masuk Polisi Gratis, POLRI No Calo No KKN", itulah tagline pada proses penerimaan ini.

Pendaftaran ini berlaku untuk seleksi Akademi Polisi (Akpol), Bintara Polisi, dan Tamtama Polri.

Bagi calon pendaftar, siapkan berkas-berkas keperluan mendaftar sesuai dengan jalur seleksi penerimaan POLRI gelombang kedua ini sesegera mungkin.

Baca juga: 5 Pekerjaan Bergaji Besar Lulusan SMK, Rp12 Per Bulan, Saat Training Dikasih Uang Saku

Tata Cara Pendaftaran Penerimaan Polri 2023

Berikut ini adalah cara mendaftar secara online untuk penerimaan Polri 2023:

  • 1. Pendaftar membuka situs resmi dari penerimaan anggota polri yaitu penerimaan.polri.go.id.
  • 2. Pendaftar dapat memilih jenis seleksi Taruna/i Akpol di halaman utama situs.
  • 3. Kemudian tinggal mengisi form registrasi yang ada dalam situs tersebut dengan mengisi identitas, memasukan NIK yang telah terdaftar di Disdukcapil, identitas orang tua, serta keterangan lainnya yang sesuai dengan format yang ada di dalam situs tersebut.
  • 4. Perlu diperhatikan juga pendaftar harus memberikan data yang benar serta akurat dalam format registrasi online tersebut sehingga perlu untuk mengecek kembali data yang sudah diisi dalam form registrasi.
  • 5. Jika sudah mengisi form registrasi pendaftar pun akan mendapatkan nomor pendaftaran registrasi online dan juga username serta password.
  • 6. Setelah itu lakukan login ke halaman dashboard pendaftar dan upload berkas pendaftaran yang disediakan.
  • 7. Kemudian juga pendaftar pun bisa mendapat cetak form registrasi online yang digunakan untuk diverifikasi nanti di Polres.
  • 8. Batas waktu untuk verifikasi data pendaftar pun terhitung selama pendaftaran online berlangsung sesuai dengan jadwal pendaftaran dan tidak ada toleransi untuk perpanjangan.
  • 9. Verifikasi data sendiri dilakukan secara offline di Polres setempat dan setiap hari dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.
  • 10. Perlu diperhatikan jika pendaftar harus datang sendiri dan tidak boleh diwakilkan, pendaftar pun harus membawa cetak form registrasi online dan juga berkas administrasi.

Kuota & Syarat Khusus Penerimaan Polri

Akademi Kepolisian

Pelamar yang hendak mendaftar Akademi Kepolisian akan lulus menjadi Calon Perwira Polri dengan pangkat awal yaitu Inspektur Dua (Ipda).

Kuota Akademi Kepolisian 2023

Formasi untuk Taruna Akpol sebanyak 175 orang dengan pembagian kuota 150 taruna dan 25 taruni). Taruna/i akan melakukan pendidikan selama 4 tahun sejak Agustus 2023.

Lokasi pendidikan akan berad di Akademi Kepolisian Lemdiklat Polri, Semarang, Jawa Tengah.

Bintara Polri

Bintara Polri akan lulus dengan pangkat pertama adalah Brigadir Dua (Bripda) dengan pengetahuan dan kemampuan dasar kepolisian. Selain itu harus menerapkan sikap dan perilaku terpuji sebagai pelaksana tugas utama Polri.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: