Tindaklanjuti Imbauan Presiden: Wabup Pasbar Bersama Sekda Serahkan Zakat Fitrah ke Baznas

Jumat, 07 April 2023, 17:02 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Tindaklanjuti Imbauan Presiden: Wabup Pasbar Bersama Sekda Serahkan Zakat Fitrah ke Baznas
Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto bersama Sekretaris Daerah, Hendra Putra serahkan zakat fitrah pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pasbar, di auditorium kantor bupati, Kamis. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (6/4/2023) - Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto bersama Sekretaris Daerah, Hendra Putra menyerahkan kewajiban zakat fitrahnya pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pasbar, di auditorium kantor bupati, Kamis.

Penyerahan zakat tersebut merupakan tindak lanjut imbauan Presiden RI Jokowi kepada seluruh umat Islam, khususnya pejabat-pejabat negara, Aparatur Sipil Negara, pegawai BUMN dan seluruh kepala daerah untuk menunaikan kewajiban zakat melalui Baznas. Tujuannya, agar dana zakat tersebut dapat dikelola dengan profesional dan transparan.

Dikesempatan itu, Risnawanto menjelaskan, zakat merupakan kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud rasa syukur dan nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Dengan berbagi rezeki dan kebahagian, meyerahkan sebagian harta dapat membersihkan diri dari dosa-dosa dan bentuk solidaritas sosial dengan saudara-saudara yang membutuhkan.

Baca juga: 52 Ribu Pengunjung Hadiri Kegiatan Pesta Pantai Sasak, Ini Kata Wabup Pasbar

"Selama ini telah banyak yang menyampaikan kepada kita bahwa dengan adanya program-program Baznas Pasaman Barat banyak masyarakat kita yang merasa terbantu. Mulai dari Pasbar Sehat, Pasbar Sejahtera, Pasbar Cerdas," ungkap Risnawanto.

Untuk itu, pemerintah terus berikhtiar untuk menurunkan angka kemiskinan. Khususnya menurunkan angka kemiskinan ekstrem.

Ikhtiar itu membutuhkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak termasuk melalui penghimpunan dana zakat dan zakat fitrah oleh Baznas.

"Apalagi zakat yang diterima oleh mustahik tepat pada waktu yang dibutuhkan, seperti jelang lebaran ini," katanya.

Baca juga: Banjir Bandang Landa 2 Nagari di Kecamatan Talamau, Ini Perintah Wabup Pasbar

Ia juga mengimbau serta meminta dukungan dari ASN, BUMN, perusahaan di Kabupaten Pasaman Barat agar menyalurkan zakatnya melalui Baznas Pasaman Barat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: