Kemensos Bantu Kaum Disabilitas Usia Produktif di Agam

Sabtu, 01 April 2023, 10:32 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Kemensos Bantu Kaum Disabilitas Usia Produktif di Agam
Bupati Agam, Andri Warman menyalurkan bantuan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) Bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Agam tahun 2023 di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Lubuk Basung, Jumat (31/3/2023). (humas)

AGAM (1/4/2023) - Kepala Dinas Sosial Agam, Rahmi Artati mengungkapkan, dalam 3 tahun terakhir telah diberikan bantuan kepada 509 penyandang disabilitas. Secara total, kaum disabilitas tidak mampu di Kabupaten Agam tercatat sebanyak 935 orang.

"Bantuan yang diberikan berupa makanan dan sandang sebanyak 282 alat bantu berupa kursi roda, tongkat, kruk dan kaki palsu sebanyak 91 orang," ungkap Rahmi, Sabtu.

Sedangkan, bagi penyandang disabilitas berat berupa santunan untuk kebutuhan sehari-hari sebanyak 126 orang.

Bantuan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun Corporate Social Responsibility (CSR).

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

"Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Kabupaten Agam mengajukan permohonan bantuan bagi penyandang disabilitas sebanyak 97 orang pada Kementerian Sosial RI melalui Sentra Handayani," ujarnya.

Dirinci, untuk penyandang disabilitas anak-anak berjumlah 14 orang, usia produktif 20 orang dan lanjut usia sebanyak 63 orang.

"Alhamdulillah, bantuan diakomodir oleh Kementerian Sosial, tapi saat ini yang baru bisa disalurkan oleh Sentra Handayani adalah bantuan Atensi bagi penyandang disabilitas yang berusia produktif," ucapnya.

Dikatakan, bantuan penyandang disabilitas usia produktif itu diberikan kepada 20 orang dari 5 kecamatan yaitu, Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya, Palembayan, IV Koto dan Ampek Angkek.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

Sedangkan, untuk bantuan bagi penyandang disabilitas anak-anak dan lanjut usia katanya, sedang dalam proses tahapan selanjutnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: